Kesamaan Antara MLM, Ponzi Scheme dan Pasar Saham

By | October 9, 2011

Melalui suatu perenungan, saya mendapati bahwa MLM, Ponzi Scheme dan Pasar Saham memiliki psuatu persamaan (tentu dengan banyak perbedsan).Sebelumnya, bagi yang belum tau apa itu skema ponzi, saya kutip dari detikfinance

Skema Ponzi merupakan sebuah istilah untuk praktek kotor dalam bisnis keuangan yang menjanjikan pemberian keuntungan berlipat ganda yang jauh lebih tinggi dari keuntungan bisnis riil bagi investor yang mau menyimpan dana investasinya lebih lama di perusahaan investasi seperti sekuritas, bank, asuransi ataupun investment banking. Para invesor umumnya tidak tahu dan tidak mau tahu darimana perusahaan membayar keuntungan yang dijanjikan.

Nama Ponzi diambil dari seorang penipu bernama Charles Ponzi yang tinggal di Boston, AS. Ponzi terkenal dengan penipuannya karena menawarkan investasi berupa transaksi spekulasi perangko AS terhadap perangko asing di era 1919-1920.

Dalam penelusuran detikFinance, Ponzi mendirikan ‘The Security Exchange Company’ pada 26 Desember 1919, yang menjanjikan investasi dengan balas jasa 40% dalam 90 hari. Padahal kala itu bunga bank pada saat itu hanya 5% per tahun. Tidak sampai satu tahun, diperkirakan sekitar 40,000 orang mempercayakan sekitar US$ 15 juta atau sekarang senilai US$ 140 juta dalam perusahaannya.

Untung yang dijanjikan Ponzi ternyata hasil tambal sulam. Pada pertengahan Agustus 1920, audit oleh pemerintah terhadap usaha Ponzi menemukan bahwa Ponzi sudah bangkrut. Total aset yang dimilikinya sekitar US$ 1,6 juta, jauh di bawah nilai utangnya kepada investor.

Persamaan itu adalah, MLM, Ponzi dan Pasar saham untuk bertahan selalu membutuhkan DANA SEGAR. Tanpa dana segar ketiga produk di atas tidak bisa bertahan. bagi MLM, dana segar didapat dari pelanggan yang membeli produk / jasa mlm, dan dari member yang baru bergabung (biasanya wajib beli produk di awal atau ada biaya pendaftaran). Dari dana segar ini kemudian produksi produk/jasa MLM bisa terus dilakukan dan bisa buat bayar bonus bagi anggota mlm serta bikin training macam2.. saya gka bilang MLM itu jelek lho ya, beberapa MLM saya ketahui produknya sangat bagus dan saya sendiri pakai walau tidak jadi anggota..

Bagi Skema Ponzi, dana segar dibutuhkan untuk GALI LOBANG TUTUP LOBANG, masih ingat kasus bernard madoff tahun 2008 silam?? Diaman pada skema ponzi korban bisa mendapat bunga yang lebih tinggi jika mau menyimpang uang lebih lama. dan bunga itu dibayarkan dengan mencari korban baru.selama ada korban baru dan ada dana segar, serta korban lama tidak sadar dan menarik dananya, skema ini bisa terus bertahan.

Yang ketiga, bagi pasar saham, dana segar sangat dibutuhkan untuk mempertahankan atau meningkatkan harga suatu saham.

Perlu kita ketahui, bahwa uang yang anda masukan saat beli saham, TIDAK MASUK KE PERUSAHAAN. uang anda masuk ke perusahaan yang anda beli hanya JIKA :

1. Anda beli pada saat IPO

2. Anda membeli Right Issue

3. Anda menebus warran (membeli warran juga uang gak masuk ke kantong emiten)

Selain tiga kondisi di atas, uang hanya berpindah dari tangan pembeli ke penjual dan TIDAK MASUK ke kas perusahaan. makanya ketika ada yang nanya “pak bisa gak dirut perusahaan bawa kabur uang yang kita masukan di saham??” jawabnya tidak bisa, dia cuman bisa bawa kabur duit perusahaan saja. itu kalau dia kabur..

Tanpa adanya dana segar, sebagus apapun perusahaan yang ada di pasar saham, harganya tidak akan naik. Oleh sebab itum, kita lihat dari tahun 2009 awal hingga 2011, index BEI naik terus, salah satunya disebabkan karena US dan negara – negara maju mengeluarkan banyak sekali kelonggaran keuangan. seperti suku bunga yang rendah, serta Quantitive Easing. Perlu diketahui saja, bahwa menurunkan suku bunga berarti meng-INJEKSIKAN uang ke pasar dengan suku bunga target. jadi ketika suku bunga turun artinya makin banyak yang yang beredar di paaran (artinya makin banyak dana segar). Selain suku bunga yang turun, Quantitive Easing juga diturunkan, Quantitive Easing / QE merupakan aksi bank sentral US untuk membeli surat – surat berharga guna SEKALI LAGI meningkatkan LIKUIDITAS PASAR. Atau menambah dana Segar di pasar.

Dan ini semua mengakibatkan pasar saham di Negara berkembang naik terus.

Mulai paham ya, apa kesamaan antara MLM, Ponzi dan Pasar saham.

Makanya WB pernah bilang kalau semua orang udah masuk pasar saham ,itu saatnya keluar. sebab kalau semua orang udah masuk pasar, berarti sumber dana segar makin minim.

Bedanya, Pasar saham ada yang namanya DIVIDEN dari hasil kerja riil. Kalau MLM kan bagi hasil, Ponzi itu tipu2..kalau di pasar saham anda beli saham bagus, dan manajemen perusahaan bisa mengelola perusahaan dengan bagus, bisa2 jumlah dividen yang anda terima bisa melebihi harga pada waktu anda beli saham..

Silahkan di share juga ya kalau adayang punya info lagi tentang persamaan/ perbedaan antara ponzi, mlm dan pasar saham.

Untuk pasar indonesia, kita mesti bersyukur masih banyak yang belum melek investasi, sehingga potensi buat bertumbuh masih sangat tinggi, kalau pasar jepang, apalagi hangseng itu, udah banyak yang melek investasi..

Disclaimer On

Ingin lebih lanjut lagi belajar tentang analisa fundamental

Bisa baca Buku Analisa Fundamental yang saya tulis, info lebih lanjut :

http://bei5000.com/bukufundamental/