PTBA Untuk Mid/long Term Investment

By | June 20, 2012

Selamat siang pembaca sekalian.

Beberapa hari lalu,Salah seorang member menanyakan tentang PTBA, apakah sudah layak dijadikan sebagai saham pegangan untuk investasi jangka panjang. Dan akan coba saya bahas mengenai PTBA.

PTBA adalah perusahaan tambang batu bara, yang berarti bahwa omzet PTBA sangat dipengaruhi oleh harga coal. Tidak seperti perusahaan konsumer mmisal Unilever yang bisa menaikan harga jual barangnya, sebuah perusahaan tambang batu bara tidak bisa mengendalikan harga jual batu bara. Melainkan harga jual batu bara diseragkan sepenuhnya ke tangan pasar.

Walau terkadang untuk mendapatkan kepastian harga jual, perusahaan tambang bisa membuat suatu kontrak penjualan jangka panjang. Namun mayoritas masih sangat bergantung kepada harga coal di pasar yang fluktuatif. Sehingga tergolong sulit untuk bisa menentukan dasar asumsi yang tepat dalam meng-analisa harga wajar perusahaan batu bara. Kesulitan ini berasal dari growth perusahaan tambang yang pada umumnya mengikuti harga jual tambangnya di pasaran.

Jika suatu saat harga jual Coal naik 30%, laba perusahaan tambang pun bisa naik 30% dan sebaliknya ketika harga coal turun 30%, laba perusahaan tambang pun bisa turun 30%. Karena fluktuasi inilah maka sangat sulit sebenarnya untuk bisa menentukan growth rate yang tepat guna menentukan harga wajar perusahaan tambang.

Namun bukan berarti tidak ada pendekatan untuk mendapatkan griwth rate yang fair, salah satu caranya adalah dengan menekan growth rate yang telah ada. Misal PTBA, selama 4 (empat) tahun terakhir, PTBA bertumbuh rata – rata 29%. Jika kita masukan asumsi growth rate 29% sementara inflasi 6% dan year 10 tahun, maka didapat harga wajar PTBA adalah 49.288 (bisa dilihat di http://bei5000.com/chart/hargawajar.php?kode=PTBA&GR=29&DR=6&YEAR=10) Namun tidaklah bijak jika memasukan growth rate sebesar 29% karena hampir tidak mungkin PTBA akan bertumbuh sebesar 39% terus menerus selama 10 tahun ke depan. Apalagi dengan harga batu bara yang sangat fluktuatif.

Sehingga Growth rate yang awalnya 29%, kita diskon 75% menjadi hanya 6% saja, sementara inflasi tetap 6% dan jumlah tahun tetap 10 tahun , dan didapat bahwa harga wajar PTBA saat ini dengan asumsi yang cukup rendah adalah Rp. 16.689 per saham. Sehingga harga PTBA saat ini terdiskon 16% dari harga waharnya.

Menurut saya di posisi saat ini (14.550) PTBA cukup layak untuk disimpan selama setahun sebagai sarana investasi dengan target price sekitar 17.000 -19.000 per saham. Jika harga PTBA sudah mencapai target, sekitar 17.000 – 19.000 maka bukan berarti langsung dijual, Namum mulai diperhatikan,siapa tau bisa di tradingkan.

Perlu diingat bahwa asumsi yang saya masukan ke dalam perhitungan harga wajar (growth = 6% ) adalah asumsi yang sangat rendah, sehingga sebearnya harga wajar PTBA bisa di atas 19.000 per saham.

Salam cuan selalu…