Rencana Investasi dan Trading Jangka Panjang(1)

Selamat pagi pembaca sekalian dan selamat ber-akhir pekan.

Kita semua tentu menginginkan suatu masa depan yang baik. Tidak ada seorang pun yang menginginkan masa depan yang suram. Anda trading maupun investasi tentu semuanya anda lakukan demi mendapatkan suatu kondisi masa depan yang lebih baik daripada kondisi saat ini. Saya pun juga begitu.

Ada pepatah mengatakan bahwa “if you dont plan, you plan to fail” jika anda tidak memiliki rencana maka anda sedang berencana untuk gagal. Sebuah rencana akan membantu anda untuk mencapai tujuan jangka panjang. Salah satu caranya adalah dengan memecah tujuan jangka panjang anda menjadi langkah – langkah (tujuan) jangka pendek.

Jangankan perjalanan hidup, anda mau ke mall saja, memerlukan perencanaan. Misal panasin mobil dulu, keluar gerbang perubahan, masuk grebang tol, keluar gerbang tol yang lain, bayar toll, belok kiri, belok kanan, masuk ke mall, masuk ke parkiran, cari parkiran, parkirnya harus parkir mundur, dan lain sebagainya. Dengan perencanaan, langkah anda untuk mencapai tujuan akan jauh lebih mudah dan jauh lebih cepat daripada tanpa perencanaan. Bahkan bisa saja tujuan tidak akan tercapai jika tanpa perencanaan yang baik. .

Saya pribadi memiliki sebuah rencana jangka panjang untuk posisi investasi dan trading. Dan kali ini akan coba saya bagikan kepada teman – teman sekalian, dan mudah – mudah bisa memberi inspirasi serta kegunaan yang besar.

Misalnya, dana yang saya miliki adalah RP. 200.000.000, maka saya akan membaginya menjadi Rp. 150.000.000 untuk investasi jangka panjang dan Rp. 50.000.000 untuk trading jangka pendek.

RP. 150.000.000 akan ditempatkan pada saham – saham dengan kualtfikasi keuangan (analisa fundamental) yang sangat bagus. Dan disini terbagi lagi. RP. 75.000.000 diempatkan pada saham BC yang sedang murah -murahnya, dan 75.000.000 lainnya pada saham second liner/third liner (gorengan) yang memiliki prospek cerah (baca link). Sementara sisanya Rp. 50.000.000 saya tempatkan pada posisi trading. Lihat ilustrasi di bawah ini.

Long Term Investment Plan
Long Term Investment Plan

Dengan harapan posisi investasi Blue Chip akan menghasilkan 20% per tahun, Gorengan akan menghasilkan 25% per tahun dan posisi trading bisa mengghasilkan 30% per tahun. Ilustrasinya seperti dibawah ini :

ILUSTRASI
ILUSTRASI

Dengan target investasi blue chip hanya 20% per tahun, gorengan 25% per tahun dan trading 30% per tahun, maka dalam 20 tahun ke depan, dana akan berkembang dari RP. 200 juta menjadi RP. 18.883.014.916. Setelah anda membuat target jangka panjang, sekarang saatnya memecah – mecah target jangka panjang menjadi strategi jangka pendek untuk mebncapai tujuan jangka panjang anda.

Strategi lebih detil adalah sebagai berikut :

1. Anda pilih 2 saham , yang satunya adalah BC  dan yang satu lagi saham gorengan.

Untuk saham blue chip, salah satu pilihan pribadi saya adalah PTBA dengan alasan PTBA sudah cukup murah di harga saat ini dan dalam 1 tahun ke depan, potensi naik 20% tidak terlalu sulit.

Untuk saham gorengan (second liner/growth stock), mohon maaf saya belum bisa bukakan pilihan saya, karena saya belum selesai kumpulinnya. Namun salah satu yang cukup bagus dan juga sudah saya punya yaitu ASGR yang sudah saya miliki sejak harga 285 (beli beberapa tahun lalu) dan hingga saat ini masih ada belum dijual. Mohon maaf sekali saya belum bisa bukakan buat umum,sebab seperti saham gorengan lainnya, jika terlalu ramai dibicarakan maka tidak bagus.

Sedikit saya share kriteria saja.

Untuk saham blue chip, kriterianya adalah masuk ke dalam 40 besar BEI, atau masuk ke dalam posisi LQ-45 di BEI, serta memiliki beberapa kriteria keuangan :

  • DER di bawah 1
  • PER di bawah 10, langkah baiknya kalau di bawah 8
  • Rutin Membagikan dividen
  • terus bertumbuh dari tahun ke tahun minimal 15%
Untuk kriteria gorengan
  • DER di bawah 1
  • PER di bawah 8, kalau bisa di bawah 6
  • Rutin membagikan dividen
  • Alangkah baiknya kalau ada pertumbuhan, perhatikan isu – isu yang sedang berkembang dan potensi perkembangan ke depan.
  • Untuk gorengan, dividen akan menjadi hal yang sangat krusial / penting

2. Setelah anda memilih saham gorengan dan blue chip untuk investasi dan membelinya, bukan berarti terus anda diamkan dan tidak dilihat – lihat lagi. tetap dilihat namun bisa lebih rilex pada posisi investasi. Kalau anda sibuk, cukup melihat sehari sekali posisi saham anda, bahkan seminggu atau sebulan sekali juga tidak masalah. tidak perlu melihat setiap hari.  Yang perlu diperhatikan disini adalah, Saham yang anda beli untuk investasi bukan berarti tidak akan anda jual hingga 20 tahun ke depan. Bahkan warren buffet juga invest jangka pendek di saham PetroChina. Hal tersebut dilakukan karena harga sahamnya sudah kemahalan sehingga dia jual.

Ketika anda sudah mencapai target,. misal target anda adalah cuan 20% Dari saham BC atau cuan 25% dari saham gorengan, bisa anda jual dan anda cari lagi saham BC Lain dengan harga lebih murah (jika ada), atau jika konsisinya tidak memungkuinkan untuk investasi, misal karena harga saham sudah sangat kemahalan, tidak ada salahnya untuk pegang cash (pindahkan ke obligasi atau deposito) serta menunggu kesempatan pasar jatuh dan membeli saham yang sama atau saham lain dengan harga lebih murah. Dan selama belum ada saham yang  masuk kriteria untuk di beli, anda wait and see dulu.

Bisa juga, ketika harga saham sudah naik mencapai target, namun anda belum ingin menjualnya, karena masih bisa naik lagi, maka anda juga bisa memindahkan saham tersebut dari yang awalnya di investasikan menjadi ditrading-kan dengan kondisi anda akan lebih sering mengawasi. agar lebih jelas bisa dilihat pada diagram alur di bawah ini :

Investment Flowchart
Investment Flowchart

(bersambung ke bagian 2)

Ingin lebih lanjut lagi belajar tentang analisa fundamental

Bisa baca Buku Analisa Fundamental yang saya tulis, info lebih lanjut :

http://bei5000.com/bukufundamental

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *