9 Tips Membeli Reksadana

[nextpage title=”Jangka Waktu” ]

 

9 Tips Sebelum Membeli Reksadana

Dari Twitter
Dari Twitter

Gambar di atas menggambarkan kehidupan anda ? hahaha klo iya ngaku aja ūüėÄ saya juga demikian kok.. Pendapatan sih besar tapi ujung2nya tiba2 minggu ketiga dah harus makan Indomie *uppsss ūüėÄ Seberapa besar pendapatan kita, kalau ga bisa ngatur, ya ga akan bisa cukup. Salah satu cara mengatur keuangan adalah lewat reksadana.

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Dengan reksadana, anda bisa menitipkan dana anda pada manager investasi dan tinggal menunggu memetik hasil investasi anda. Berikut 9 Hal tips dalam memilih reksadana. Beberapa berdasarkan pengalaman saya sendiri ūüôā

1. Jangka Waktu

clock Pertimbangkan jangka waktu yang bisa anda jalani untuk ber investasi di reksadana. Makin pendek jangka waktu investasi anda, pilih reksadana dengan resiko kecil, misal reksadana pendapatan tetap atau campuran, sementara makin panjang timeframe anda, pilih reksadana dengan resiko/return besar seperti reksadana saham. timerisk Agar lebih jelas saya gambarkan dalam gambar, makin kecil jangka waktu anda, Resiko untuk rugi semakin besar sehingga idealnya pilih reksadana dengan resiko kecil, misal reksadana pasar uang. Jika Jangka waktu anda ingin berinvestasi agak panjang pilih Reksadana campuran yang memiliki resiko moderat. Dan jika jangka waktu anda ber-investasi sangat panjang (misal untuk uang sekolah anak 5-10 tahun yang akan datang) Pilih reksadana saham.  Makin besar jangka waktu anda berinvestasi, resikonya cenderung lebih kecil.

Baca juga : Mengenal Jenis – Jenis Reksadana

Baca Juga : Investasi Untuk Mahasiswa

[/nextpage]

 

[nextpage title=”Kinerja Masa Lalu” ]

 

2. Kinerja Masa Lalu

kinerja

Walaupun Kinerja masa lalu tidak menjamin kinerja masa depan , namun ada baiknya memilih reksadana dengan kinerja masa lalu yang stabil. USahakan membaca prospektus (dokumen penawaran) reksadana sebelum membeli. BIasanya reksadana mencantumkan 5-10 Saham terbesar yang dimiliki. Bisa membentu anda meng-analisa reksadana tersebut di masa depan. Untuk kinerja masa lalu, anda bisa minta prospektus dari agen reksadana. Selain itu kalau mau praktis bisa mencari lewat web.

Misal anda mau beli  beberapa nama reksadana seperti dana pratama ekuitas , sinarmas asset management ,panin asset management , simas saham unggulan atau trust barometer, di prospektus akan dicantumkan 5 komponen terbesar, dari 5 komponen terbesar itu anda bisa melihat apakah sesuai dengan expektasi anda. Misal anda meproyeksikan saham Bank akan naik, maka carilah reksadana yang memiliki saham bank di prospektusnya.

Riset dan Pilih Reksadana dengan Kinerja masa lalu yang stabil

[/nextpage]

[nextpage title=”Pertimbangkan kemampuan anda” ]

 

3. Pertimbangkan kemampuan anda

management

Saya sedari kecil memang sangat tertarik dengan produk keuangan. Sehingga reksadana bukan merupakan barang baru bagi saya. Sejak SMA kelas 2, Saya sudah membeli sendiri produk reksadana saham Seharga RP. 250.000,. hanya dalam beberapa tahun berkembang menjadi RP. 500.000.

Namu karena mungkin terlalu bersemangat, suatu ketika saya meng- investasikan uang yang besar di reksadana yang sebenarnya melebihi kemampuan saya. . beberapa bulan kemudian, pasar lagi turun, dan pas banget saya lagi butuh uang. Mau tidak mau reksadana tersebut saya jual dalam kondisi rugi. Setelah saya jual, berapa lama bulan kemudian, reksadana tersebut naik tinggi jauh di atas harga jual saya.

Reksadana lebih menghasilkan dalam jangka panjang daripada jangka pendek. Jangan sampai saat ini anda invest banyak di reksadana namun karena ada kebutuhan mendesak, anda menarik lagi investasi Anda. Biasanya dalam jangka pendek, fee reksadana bisa sangat besar.

Jangan karena ingin segera untung banyak, anda membeli terlalu banyak produk reksadana sehingga mengganggu uang untuk kebutuhan hidup sehari – hari.

[/nextpage][nextpage title=”Gunakan Strategi Yang Cocok” ]

 

4. Gunakan Strategy Yang Cocok

Jadikan strategi yang ditawarkan oleh marketing sebagai masukan. Karena kondisi setiap pribadi bisa berbeda – beda.anda yang paling tau strategi yang paling cocok untuk diri anda sendiri

Baca Juga : Reksadana Solusi Investasi Karwawan, Ibu/Bapak Rumah Tangga

[/nextpage][nextpage title=”Strategi DCA / Dollar Cost Averaging” ]

 

5. Strategi DCA / Dollar Cost Averaging

Digunakan bagi anda yang memiliki pendapatan tetap setiap bulan. Sisihkan 10-20% pendapatan anda untuk membeli reksadana setiap bulan entah reksadana itu lagi naik atau turun. Dalam kasus reksadana, saya telah beberapa tahun menguji berbagai strategi. Dan menurut saya strategi dollar cost averaging merupakan strategi terbaik untuk reksadana.
Dollar cost averaging tidak memberikan Gain atau keuntungan yang paling besar, namun yang paling optimal.

[/nextpage]

[nextpage title=”Cek Legalitas” ]

6. Cek Legalitas

Sebelum membeli, cek legalitas Produk Reksadana di bapepam.go.id/reksadana
Jangan sampai anda membeli reksadana / produk keuangan bodong.

Mama Kena Investasi Bodong
Kalau udah ngomong tentang investasi bodong WBG (Wahana bersama , saya selalu cerita pengalaman pribadi keluarga saya. Mama saya sempat kena investasi bodong hingga uangnya hilang ratusan juta. Waktu itu saya ingat saya masih SMA,d an sudah merasakan bahwa yang nawarin itu, terlalu muluk – muluk dalam menjelaskan. Namun karena masih SMA jadi saya ga brani ngomong.

Standart aja sih sebenarnya prosedur penawaran dari investasi bodong, antara lain Standart aja sih sebenarnya prosedur penawaran dari investasi bodong, antara lain
– Menawarkan hasil yang besar , di atas 2% Sebulan – Menawarkan hasil yang besar , di atas 2% Sebulan
– Tidak jelas uangnya mau di apain – Tidak jelas uangnya mau di apain
– Kalau di investasinya di tahan lebih lama, hasikl
РKalau di investasinya di tahan lebih lama, hasilnya lebih besar. Contoh pernah saya ingat mama ditawari WBG, kalau lagi ada promo ulang tahun WBG, kalau mau nambah dana dan invest lebih lama, dapat tambahan bunga 1%

Pipis di Pohon Pasti Untung

Salah satu perangkap investasi bodong adalah menawarkan keuntungan yang pasti. Pasti untung 2%, pasti untung 3%. Ini adalah iming Рiming paling Jitu. Dan tidak sedikit yang malah Pasti Rugi, kalau kemakan iming Рiming ini. Dalam investasi, faktor ketidakpastian selalu ada. Sehingga anda perlu waspada ketika ada yang menawarkan investasi Pasti untug. Investasi yang pasti untung adalah kalau anda pipis di bawah pohon, pasti untung karena pipis anda jadi pupuk buat pohon.

Cek Legalitas Sebelum Membeli

Baca Juga : Investasi Bodong

[/nextpage]

[nextpage title=”Pelajari Aturan Main dan Fee” ]

7. Pelajari aturan main dan fee

Pelajari aturan main reksadana dengan jelas, kapan boleh tarik dana , berapa fee pembelian serta penjualan. Biasanya reksadana jika dijual sebelum dua tahun memiliki fee jual yang cukup tinggi.

[/nextpage]

[nextpage title=”Komitmen” ]

8 Komitmen

Komitmen , dengan perencanaan yang anda buat. Jumlah kecil bukan masalah. lihat kembali poin nomer 2,3,4 reksadana cenderung lebih banyak menghasilkan dalam jangka panjang. Ilustrasi, daripada anda investasi 5 juta sebulan namun akhirnya harus berhenti di tahun kedua dan tarik dana, lebih baik investasi 1juta per bulan tapi bisa jalan hingga 20 tahun. Beberapa reksadana menawarakan fasilitas autodebet untuk top up reksadana, ini dapat membantu anda lebih komitmen

Ilustrasi, Reksadana adalah seperti lari maraton, bukan lari cepat/sprint

[/nextpage]

[nextpage title=”Saat Terbaik Beli Reksadana” ]

9. Saat Terbaik Beli Reksadana

Saya di rumah punya pohon pepaya. Pohon pepaya ini , berbuah dan bisa dinikmati hasilnya, setelah kurang lebih satu tahun ditanam. Dulu saya juga sempat tanam pohon mangga. Kalau pohon mangga, biasanya setelah 5 tahun baru berubah.

Jika anda suka pepaya, saat terbaik untuk menenam pohon pepaya adalah tahun lalu sehingga saat ini anda bisa menikmati buah pepaya tanpa harus ke pasar. Saat terbaik kedua, adalah saat ini. Sehingga tahun depan anda bisa menikmati pepaya.

Sama seperti reksadana, saat terbnaik membeli reksadana adalah 10 tahun lalu, sehingga saat ini uang yang anda tanamkan sudah berbuah 10x lipat. Dan saat kedua, adalah saat ini. Kalau anda ingin masa depan yang lebih cerah. Saat ini dan bukan besok, adalah saat paling tepat ber-investasi.

[/nextpage]

[nextpage title=”Terus Belajar” ]

10. Belajar

Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya anda juga belajar mengenai analisa fundamental dan makro ekonomi akan membantu anda mengenali posisi yang lebih baik untuk masuk ke reksadana (posisi top up yang lebih baik) maupun alokasi portofolio.

Anda tidak perlu menjadi sepintar sarjana ekonomi. Namun mengetahui kondisi ekonomi, akan sangat membantu anda dalam banyak hal.
Bagi Anda Yang Ingin Membeli reksadana, BEI5000 dapat membantu anda, email  ke hendrik_lwww@bei5000.com.
Kami menjual reksadana dari Panin Asset Management . Yang merupakan salah satu reksadana terbaik dengan return atau kenaikan mencapai 80x dalam 16 Tahun.
Minimal pembukaan rekening RP. 1.000.000

Rekomendasi  buku :

Analisis Fundamental, Buku ini membahas tentang analisa fundamental cara memilih dan menilai perusahaan, Sehingga dalam situasi ekonomi saat ini , investor bisa tenang menghadaip gejolak harga,.

Hubungan Dengan Reksadana :

Dalam hubungan dengan reksadana, buku ini akan membantu anda memahami perusahaan yang ada di dalam prospektus, sekaligus memberikan pandangan lebih luas tentang instrumen investasi saham (jika anda memilih reksadana saham(

Harga Normal Rp. 250.000

HANYA BAGI PEMBACA ARTIKEL INI,

KODE VOUCHER : BKREKSA40
MAka anda akan mendapatkan diskon 40%

sehingga hanya bayar RP. 150.000

Transfer Ke Rekening BCA 4491295702

AN Robert Hendrik Liembono

Bukti Transfer dan Alamat Pengiriman email ke hendrik_lwww@bei5000.com

Sertakan kode KODE VOUCHER DISKON : BKREKSA40

Cover Buku Analisis Fundamental

Edisi Ebook klik disini, bayar bisa pakai pulsa HP

Testimoni Pembaca Buku Analisis Fundamental

Ludi Susanto Ludiyanto ‚ÄstDirektur PT. Jasa Utama Capital

  • Banyak orang yang ingin memulai trading saham tetapi tidak tahu caranya. Ingin tau tentang pasar modal yang sebenarnya secara praktikal? ¬†Baca buku ini ! Selain itu buku ini menjelaskan dari hulu ke hilir mulai dari cara menyisihkan uang sampai cara menilai harga wajar saham dengan bahasa yang mudah dipahami. Anda bahkan bisa mengaplikasikan analisa fundamental untuk meningkatkan kinerja bisnis anda

Hendy Karsito ‚Äď Investor / Trader

  • Pembahasan buku nya menarik, sederhana, mudah dipahami dan banyak contoh yang benar terjadi. Analisanya simple tetapi langsung kena pada sasaran. Buku ini cocok bagi yang ingin mengetahui analisa fundamental secara mendasar, serunya lagi di sertai dengan kisah-kisah yang terjadi secara nyata.

Priyanto Ong

  • Buku yang menarik dan sangat berguna bagi para¬†

Marwan

  • Luar biasa! Ide-ide jenius dan suka berbagi ilmu itu yg saya dapatkan di dalam buku ini. Buku ini tidak hanya membahas cara menghitung ROE, PER, DER, dsb, tapi lebih ke hal yang logika analisa sebuah saham secara keseluruhan. Buku ini jauh lebih murah¬†daripada ‚Äúbiaya belajar sendiri‚ÄĚ yg selama ini saya jalankan. Contoh2 trading beliau juga disajikan secara detail, sehingga memudahkan kita mempelajari cara trading beliau. Beberapa saham juga dibahas dari sisi fundamental secara keseluruhan!

Rekomendasi JD

  • sebagai seorang teknikalis, membaca buku fundamental Pak Hendrik cukup menarik karena menggunakan bahasa awam yang mudah dimengerti, membahas fundamental dari sisi pandang sehari-hari dan tidak menggunakan hitungan yang njelimet, hingga orang TA seperti saya juga ngerti

Ria Napitupulu

  • Thank‚Äôs buku Fundamental Pak Hendrik menambah semangat saya untuk belajar FA krn gaya bahasanya seperti sdg bercerita, gak ribet. Baca bukunya lihat judul daftar isi dulu‚Ķpilih-pilih tp akhirnya baca lagi semua dr awal.

Barce Chain

  • Setelah mambaca Buku FA by RH Liembono,‚ÄĚGak ada lagi newbie dibisnis saham krn bukunya terang benderang mengupas tuntas & aplikatif‚ÄĚ kl bt buku lagi info ya Om

Stephanus Kurniawan

  • Buku ini awalnya saya pikir hanya buku yang dijual ditoko buku yang isinya hanya teori, namun setelah saya lihat dari bab ke bab, ternyata buku ini berisikan pemikiran dari seorang FA ( Fundamental Analisys ) yang berpengalaman yang jarang dimuat buku buku pada umumnya‚Ķ¬†

Roni

  • Buku yang harus di baca bagi anda yang ingin berinvestasi di pasar modal dengan perspekif lain mengenai analisa fundamental lugas mudah di mengerti dan mengena.

Linda Parman ‚Äď Investor / Trader ‚Ästwww.lindalee.co

  • Membaca buku abah ini seperti membaca komik. Bahasa yang digunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah untuk di mengerti untuk pemula yang mau mempelajari analisa fundamental.¬†Tulisan2 abah juga telah merubah paradigma saya . Sebelumnya saya takut untuk menyentuh saham lapis dua bahkan lapis tiga, Namun setelah membaca saya mengerti mengapa abah tertarik kepada saham2 ini. Akhirnya sekarang saya berani untuk ‚Äúmenyentuh‚ÄĚ mereka dan menikmati profit.¬†Apa yang dituliskan disini adalah mutiara perjalanannya sebagai trader dan investor. Semua pengamatan, analisa, pelajaran dan kesimpulannya adalah apa adanya, seperti pribadinya.¬†Saya sangat diberkati dengan persahabatan abah‚Ķ Sangat diberkati dengan tulisan beliau.. May God bless you abundantly in every area of you life ‚Äėbah

 

[/nextpage]

6 thoughts on “9 Tips Membeli Reksadana”

  1. Newbie mau nanya, apa bedanya yaa membeli Reksadana dari sini dibanding langsung ke Panin?

    Regards,
    Edward

    1. sore pak, sama2 aja pak
      cuman klo bapak beli disini kita dapat komisi hehehe
      klo bapak beli di panin, orang di kanto panin yang dapat komisi ūüôā

  2. Produk reksadana yang tersedia apa aja? Apakah cuma Panin? Terus kalau mau beli mesti kontak via apa…telp or email? Terima kasih.

    1. Pagi pak,
      Beli di sini dengan beli di panin bapak akan mendapatkan produk yang sama ūüôā

Comments are closed.