Giliran Canada Dan Australia Gemetar

Halo, Apa kabar, selamat pagi

Setelah sebelumnya di awal tahun kita dikerjutkan dengan kebangkruutan YUNANI, berselang beberapa waktu kemudian Puerto Rico juga bangkrut. Disusul Venezuela , dan China Bersin. Saat ini Giliran Canada dan Australia kena bersi nya china (Anda bisa bayangkan, baru bersin aja udah bikin banyak negara terkapar).

Canada dan Australia

Pada dasarnya mirip Indonesia. Sama – sama mengandalkan komoditas. sehingga dengan Turunnya harga komoditsdunia seperti Minyak, nikel dan batubara , membuat negara – negara yang mengandalkan komoditasterjatuh ekonominya.

Dari sisi mata uang, tahun 2015 ini, RUpiah, Dollar Canada dan Dollar Asutralia senasib , sama – sama kalah terjadap penguatan US DOllar
Ruopiah tercatat melemah 13.7%

Dollar Canada Melemah Terhadap USDollar 14.3% dan

Dollar Australia melemah hampir 17%

Tujuan Export Terbesar Amerika

Bahaya dari pelemahan ekonomi Canada sebenarnya ada di Amerika Serikat, karena hampir 20% Export Amerika mengalir ke canada.

Data Expor Amerika Serikat
Data Expor Amerika Serikat

Sumber http://www.census.gov/foreign-trade/statistics/highlights/top/top1506yr.html

Bisa dilihat pada tabel di atas, export Amerika terbesar pertama adalah Canada, Sebesar 143 Milliard US Dollar, disusul mexico, China dan negara – negara lain.

Sehingga jika ekonomi Canada melemah, membuat permintaan barang dari canada menurun dan mengancam Export US. Satu – satunya solusi adalah kalau harga minya bisa segera naik, sehingga Ekonomi Canada kembali expansi.

BRENT OIL

Harga #minyak #brent sudah kembali dalam trend melemah, namun ada pola sebelumnya yang mirip, jika pola sebelumnya terulang, maka beberap hari ke depan minyak bisa kembali menguat. Saat ini adalah posisi penentuan untuk harga minyak SEKALIGUS ekonomi DUNIA. 
Jika harga minyak bisa mulai menguat maka ke depannya ada potensi ekonomi dunia bisa membaik. Namun kalau minyak kembali melemah, maka ekonomi dunia akan memburuk lagi. Kepurtusan saat ini ada ci OPEC. Amerika jelas tidak akan mengurangi produksi minyak, karena terlihat mereka ingin mandiri dalam hal energy. Sementara opec terus menekan amerika. Kita lihat siapa yang menang.

CANADA

Ekonomi Terbesar Ke – 12

GDP - Ekonomi Canada
GDP – Ekonomi Canada

Canada adalah negara dengan ekonomi terbesar ke 12 di Dunia dengan GDP 1786 Milliard US DOllar atau 1,78 Trilliun USD.

Ekonomi Melemah 0,1%

Ekonomi canada bergantng pada harga minyak dan komoditas, Sehingga karena penurunan harga minyak dan komoitas, Tahun ini ekonomi Kanada turun 0,1%

Pengangguran 6,8%

Untuk ukuran negara maju, Pengangguran di Canada tergolong cukup tinggi yaitu 6,8%., Bandingan dengan Amerika hanya 5,2%, China 4% dan Jepang 3,3% serta Jerman 4,7%

Hutang 86% GDP

Hutang Canada sendiri mencapai 86% GDP atau 1,5 Trilliun USD (bandingkan dengan Indonesia hanya 30% GDP)

Bahan Bacaan :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *