Investasi Bodong

Kalau kita melihat situasi saat ini dimana banyak sekali tawaran investasi yang kemudian berakhir dengan hilangnya seluruh modal dari investor, bukan 10%, bukan sebagian tapi seluruh modal hilang. Kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara mengenali investasi bodong.

Ada beberapa ciri khas :

1. Dijanjikan hasil yang PASTI dalam JUMLAH YANG BESAR

Ini ciri utama dari investasi bodong. Dalam investasi selalu ada yang namanya RESIKO. tidak ada suatu investasi yang tanpa resiko. Yang namanya investasi pastilah disertai dengan resiko atau faktor ketidakpastian. Bahkan obligasi pemerintah sekalipun, sewaku -waktu harganya bisa turun.

Saya pernah berbincang dengan orang yang mengalami sendiri investasi bodong dimana uangnya hilang cukup banyak. Skemanya cukup sederhana. Sales dari investasi bodong ini biasanya menawarkan untuk bertemu untuk berbicara tentang penawaran investasi. Dan kemudian menawarkan investasi dengan skema dan analogi juga menggunakan istilah seperti istilah di dunia pasar modal (misal dividen, bunga). makanya tidak heran kalau investasi saham kadang mendapat persepsi yang buruk.

Si Sales biasanya menawarkan hasil dalam jumlah yang besar. Besar disini biasanya jauh melebihi bunga bank. Rata – rata investasi bodong menawarkan hasil 3-4x dari suku bunga yang berlaku saat ini. Biasanya mereka menawarkan hasil 1,5% hingga 2% per bulan KONSISTEN setiap bulan. Awal – awalnya pembayaran bunga sangat lancar , sehingga masyarakat menjadi makin yakin dan bahkan menambah dana investasinya.

Karena pembayaran bunga awalnya lancar, investor senang dan kemudian dengan semangat ikut mempromosikan investasi bodong tersebut sehingga makin banyak korbank.

Konsisten ini yang menjadi kunci utamanya. Dalam investasi yang sesungguhnya kata KONSISTEN ini hampir tidak mungkin bisa dicapai. apalagi menawarkan 2% sebulan. Tahukah anda dengan hasil 2% sebulan, uang 100 juta dalam waktu 30 tahun bisa menjadi 100 Milliard.

2. Jika simpan investasi lebih lama, bunga lebih besar

Lagi ada Ulang tahun dari perusahaan , kalau mau nambah dana atau mau simpan dana lebih lama lagi langsung dapat bunga 8%

Ini ciri khas salah satu investasi bodong yang saya tau, karena orang dekat saya pernah mengalaminya. Alasannya perusahaan lagi ulang tahun ke sekian gitu, maka bagi yang mau nambah dana atau MAU SIMPAN DANA lebih lama lagi , investornya akan mendapatkan bunga 8% dan langsung dibayarkan.

Mungkin ini adalah ciri utama, anda ditawarkan hasil yang lebih besar apabila mau menyimpan dana lebih lama lagi atau jika mau menambah dana lagi. (skema ponzi)

3. Ketika mendekati jatuh tempo , perusahaan investasi yang bodong biasanya menawarkan agar investor tetap menginvestasikan uangnya bahkan menambah dananya.  Bukannya mengembalikan dana nasabah, perusahaan malah menawarkan agar nasabah tetap menahan dananya bahkan menambah dananya,mungkin dengan iming – iming bunga yang lebih tinggi. 

4. Masih banyak lagi modus investasi bodong. Yang terakhir ada juga investasi bodong tapi dengan mengangkat EMAS sebagai media investasi. Tips dalam menghadapi investasi bodong sangatlah mudah. USE YOUR BRAIN !!.. Gunakan otak atau akal sehat anda. Jangan mudah terbujuk dengan hasili yang besar, Waspadalah kepada investasi yang menawarkan hasil yang pasti, sebab dalam investasi itu TIDAK ADA yang pasti. Investasi pasti mengandung resiko. Kalau ada yang nawarin 2% per bulan secara konsisten dan pasti, 80% saya yakin bodong deh..

======

Yang saya heran adalah kenapa begitu banyak orang yang udah kena investasi bodong seperti ini, namun terus dan terus investasi bodong ini berkembang di seluruh indonesia.

Saya berpikir dan menemukan bahwa sebenarnya masyarakat indonesia begitu sadar akan investasi, mereka sadar bahwa mereka butuh investasi. Namun karena mungkin kurangnya pendidikan dan kurangnya sosialisasi, maka akses ke investasi yang legal seperti Dunia pasar  modal (saham atau obligasi) menjadi begitu sempit. Bahkan investasi yang begitu menjanjikan seperti saham seringkali dianggap sebagai Judi daripada investasi karena mungkin menganding resiko dan ketidakpastian.

Sehingga ketika muncul penawaran investasi yang katanya memberikan hasil yang PASTI  maka masyarakat menjadi sangat tertarik.  Dalam investasi murni tidak ada namanya perusahaan investasi ulang tahun kemudian memberikan hadiah berupa bunga yang lebih besar. Perusahaan bukan badan amal kan, terus terang kita semua cari duit,bukan mau bagi – bagi duit 😀

 

Leave a Reply