Kenapa Harga Emas Turun

Mama Beli Emas, RP. 25.000 / Gram

Waktu nulis ini, Saya jadi ingat nemenin mama   ke toko emas kisaran tahun 1990an. Waktu itu saya nunggu di dalam mobil sama papa, dan papa ngomel – ngomel katanya “mama mu itu, beli emas mulu”. Tiap kali antar mama ke toko emas selalu ngomong gitu, tapi ya, selalui kasi mama uang buat beli emas 😀 begitulah rumah tangga kali ya ? Saya ingat benar, waktu itu mama beli emas harganya cuman RP. 25.000 per gram.

Bagikan di Facebook ya 😀

Bawa Emas Stengah Kilo Ke Kampus

Selang sekitar 10-12 tahun kemudian, saya kemudian kuliah di Surabaya, waktu itu papa dari ambon datang berkunjung, bawa emas stengah kilo yang dia beli dari penambang. Katanya dibawa ke surabaya mau di tes laboratorium, rencananya mau buka tambang emas di Indonesia timur, JIKA hasil tesnya bagus. Karena waktu itu saya nge-kos, dan tidak ada brankas (safety box), maka emas yang setengah kilo itu,  saya bawa ke kampus 😀 waktu itu harga emas naik menjadi sekitar Rp. 300 ribu per gram,. Sehingga secara nilai uang, saya saat itu sedang membawa Rp. 150 juta (SERATUS LIMA PULUH JUTA RUPIAH) di kantong 😀 WOW WOW WOW , Yeaaaahhh… Tapi deg2 an banget bawa emas segitu, hati ga tenang, pikiran kemana – mana, ga tenang kuliah, dikit2 raba kantong, takut ilang 😀 Klol jalan serasa ada yang ngamatin dari belakang 😀

Bagikan di Facebook ya 😀

 

Harga Emas Jadi RP. 600.000, Ambon Demam EMAS

Selang beberapa tahun kemudian, harga emas di tahun 2011 terus naik hingga sempat menyentuh RP. 600.000 per gramnya.  Di kota kelahiran saya, AMBON sempat terjadi peristiwa demam emas. Karena ada kabar di salah satu pulau di ambon, tepatnya di GUNUNG BOTAK  ,banyak ditemukan emas, sehingga masyarakat dari seluruh penjuru Kepulauan Maluku pergi ke gunung botak untuk mencari emas (karenA 1 GRAM rp. 600.000). Dengar – dengar memang banyak yang nemu emas, tapi tidak sedikit yang gagal. Cerita berkembang, ada yang mengatakan, penambang emas ke showroom mobil Truck, bawa Uang 1 Milliard TUNAI buat beli truck (tidak tau benar atau tidaknya)

Bagikan di Facebook ya 😀

 

Beli Emas 200 Gram , Susah Simpannya

Sekedar cerita tentang emas, Saya ingat waktu harga emas per gramnya 371 ribu , saya beli Emas Antam batangan 2 x 100 gram, total  200 Gram buat investasi. Kemudian dalam beberapa minggu harga emas naik kisaran 390 ribu per gram saya jual, Habis jual malah langsung naik ke 400 ribuan per gramnya. Waktu itu saya jual karena mikir sudah profit 6% dalam waktu singkat hehehe.  Setelah itu harga emas naik terus tapi saya ga beli emas, karena saya pribadi lebih fokus investasi reksadana dan saham yang menjadi passion saya.

Setelah beli emas, bingung juga mau simpan dimana, trus nyari – nyari bank yang ada SDB (Safe Deposit Box) namun pada penuh. waktu itu belum beli Brankas pribadi, sehingga takut juga kalau taruh di rumah (saat itu saya hidup sendiri di bandung). Akhirnya nitip ke rumah mantan pacar saya (saat ini jadi isteri), minimal ada banyak orang disana sehingga lebih aman.

Baca Juga, 9 Tips Membeli Reksadana

Mama Belum Jual Emasnya

Hingga terakhir saya ngobrol sama mama, emasnya katanya masih lengkap, belum ada yang dijual, sambil nyindir – nyindir papa yang selalu ngomel ketika mama beli emas..

Investasi Ibu – Ibu

Bagikan di Facebook ya 😀

 

Emas memang selalu dikenal sebagai instrumen investasi kaum ibu, kata isteri saya, investasi, dan juga bisa dipakai. Jadi minimal dapat untung pakai. Terus terang, Wanita memang senang dengan keindahan. Dan emas memang adalah benda yang indah. Ada penelitian katanya emas memancarkan semacam radiasi sentah apa, sehingga manusia senang melihat emas (klo saya lihat duitnya ya :D)

Harga Emas Selalu Naik

Walau pada kenyataannya harga emas TIDAK selalu naik, namun dalam sejarah Indonesia memang 70 tahun terakhir , emas cenderung naik, karena walau harga emas dalam US Dollar turun, namun hasil kali dengan pelemahan rupiah sejak 70 tahun yang lalu, membuat emas dalam RUPIAH, selalu naik. Untuk lebih dimengerti, saya pakai ilustrasi berikut. Saya ingat benar papa saya beli mobil waktu 1 USD = 2000, beli mobil kijang kapsul diharga RP. 40 juta, pas kemudian krismon Dollar naik ke RP. 8000 / USD. Akhirnya papa jual Mobil tadi, di harga 80 juta, alias dalam Angka uang dia untung 100%. Namun Uang RP. 80 juta itu sudah tidak bisa beli mobil lagi, ga cukup. Nah ini sama dengan emas. Alasan utama emas selalu naik dalam RUpiah adalah karena sejak 70 tahun lalu rupiah terus melemah.

Bagikan di Facebook ya 😀

 

Harga Emas Turun, Harga Mba Naik

waktu saya share Tulisan di di Facebook, beberapa komenlucu muncul, yang bikin saya tertawa adalah komen bahwa

Harga Mas turun karena harga Mba naik

Bertepatan dengan selesai idul fitri dimana ibu – ibu biasanya mencari asisten rumah tangga yang harga/ gaji nya selalu minta naik. Ini hanya intemezo, kita kembali ke EMAS yang sesungguhnya. EMas selalu dianggap sebagai investasi lindung nilai (Hedging) ada juga yang mengatakan investasi emas adalah semacam Asuransi terhadap inflasi. Karena ketika terjadi inflasi maka harga emas akan naik. Namun kenapa Kenapa Harga Emas Turun, sebelum kita menganalisa kenapa harga emas turun, ada baiknya kita belajar sedikit tentang sejarah ekonomi dunia.

Investasi Emas Bodong

Kalau ada anda yang mengikuti tentang investasi emas, mungkin anada pernah mendengar beberapa imnvestasi emas yang ternyata Bodong. Bahkan ada investasi emas bodong yang membawa nama Syariah, misal Golden Trader Indonesia Syariah (GTI Syariah), berita : http://bisnis.liputan6.com/read/773505/februari-kejebak-iming-iming-investasi-emas-bodong-gti-syariah Mungkin sangking saat ini emas populer, maka dibuatkan sebuah investasi emas bodong. Saya kutip dari liputan6,

Dalam penawarannya, nasabah GTI Syariah diharuskan membayar terlebih dahulu sebelum menerima emas yang akan diperolehnya sepekan kemudian. Tenggang waktu inilah yang dipakai si pemilik untuk melarikan uang dan emas nasabah

Sehingga masyarakat sebaiknya sebelum berinvestasi harus berhati – hati.

Baca Juga, 9 Tips Membeli Reksadana

Investasi Bodong

Kembali ke topik emas, Buat menambah pengetahuan , berikut saya buat infografis tentang emas, bisa dibaca

 

Baca Juga, 9 Tips Membeli Reksadana2

Baca Juga, 9 Tips Membeli Reksadana #mama kena tipu

 

4

Baca juga Devaluasi Yuan, Saatnya Beli Emas ?

Kumpulan Resep Sapi

 

5

Artikel ini telah di share lebih dari 1800x di media sosial, bantu share juga ya

share artikel ini ya 🙂 Disini

toombolshare

 

 

Baca Juga :

Harga Emas Hari ini (Di update setiap 15 menit) :

[gold-price]

5 thoughts on “Kenapa Harga Emas Turun”

    1. AS melakukan systim naik turunkan bunga the Fed,tdk lepas dari strategi menguasai Ekonomi dunia krn maunya dollar harus bisa habisin semua pesaingnya, Eropa dan Asia…termasuk Yapan dan Tiongkok.Dunia tersandera,kecuali semua sadar dan mau bersatu utk kebaikan bersama.

  1. Jika berani sabar…nilai emas tak pernah turun dalam waktu lama…..tetap harga akan naik… Ini hanya trik pemilik freport alias us aja….

  2. Saya….2 tahun di tambang gunung botak,3 tahun di freeport,6 bulan di nabire,4 tahun di ternate,n sekarang ada di bima….siapa mau ikut menambang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *